• Status Order
  • Tlp: 0812 1626 6092
  • SMS/WA: 0813 2657 4744
  • BBM : 2BB8DFEB
  • kiss_jogja@yahoo.com
Terpopuler:

Mengenal Batik Medan / Sumatra Utara

15 November 2016 - Kategori Blog

Mengenal Batik Medan Sumatra Utara

Mengenal Batik Medan / Sumatra Utara – Apakah kamu tau kalau Sumatra Utara atau Medan yang terkanal dengan suku Batak-nya ini ternyata juga memiliki Batik? Apa Batik Medan sudah ada dari zaman dahulu? Seperti apa motif batik dari daerah Sumatra Utara? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas batik Medan di bawah ini.

Sepengetahuan penulis tidak seperti Jawa yang sudah punya Batik dari zaman dahulu, Medan baru beberapa tahun belakangan mengembangkan batik. Walaupun batik bukanlah budaya orang Batak namun Medan sebagai salah satu kota yang memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi juga perlahan mulai memiliki batik etnik.

Sama halnya dengan batik dari berbagai daerah, Batik Medan juga memiliki ciri khas tersendiri dan diambil dari tiap suku yang ada di Sumatera Utara. Motif batik-nya disesuaikan dengan etnis Batak yang ada di Sumatera Utara, yaitu Batak Mandailing, Batak Toba (Tapanuli Utara), Batak Tapanuli Tengah, Batak Karo, Batak Simalungun dan Batak Pakpak Dairi.

Motif Batik Medan atau Batik Sumatra Utara

Motif Batik Medan atau Batik Sumatra UtaraMotif Batik Medan Gorga Pahu Pahu Patundal

Motif batik Medan atau Sumatra Utara berbeda dengan motif batik yang ada di pulau jawa atau daerah lain yang biasanya di dominasi dengan motif tumbuhan dan hewan. Motif batik Sumatra utara menggambarkan suku di Sumatra utara dan mengambil corak pada kain ulos batak yang ada. Ulos merupakan nama lain dari kain yang menjadi sebutan orang-orang sumatra utara. pembuatan ulos sama halnya seperti pembuatan kain songket yaitu menggunakan alat tenun.

Sama halnya dengan batik yang berasal dari tanah Jawa, Medan juga memiliki Batik Tulis dan Batik Cap. Dan jelas batik tulis dari daerah yang terkenal dengan buah Durian ini lebih mahal di banding batik cap-nya, karena tingakat kesulitan dan waktu pengerjaannya yang lebih lama di banding batik cap.

Beberapa motif batik Medan atau Sumatra Utara:
1. Motif hari hara sundung dilangit yang merupakan ciri khas dari suku Batak Toba
2. Motif mataniari  dari Batak Mandaling
3. Motif pani patunda dari Simalungun
4. Motif Gorga sitompi
5. Motif semut beriring
6. Motif itik pulang petang

Sudah lebih mengetahui tentang Batik dari daerah Medan / Sumatra Utara kan?
Segitu dulu yang bisa kami informasikan tentang Batik Medan, semoga menambah pengetahuan budaya Indonesia kita ya.

sumber gambar: fitinline.com/article/read/batik-medan/

, , , , , , , ,